EMPOWERS IR

Penelusuran Data IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Eksistensi Polisi Wilayatul Hisbah dalam Pengawasan Hukum pada Jarimah Khamar (Studi Kasus Kantor Wilayatul HIsbah Aceh Barat)

Nuraini, Bismi (2018) Eksistensi Polisi Wilayatul Hisbah dalam Pengawasan Hukum pada Jarimah Khamar (Studi Kasus Kantor Wilayatul HIsbah Aceh Barat). Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh.

[img] Text
BAB III-h. 35-38.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka melakukan pengawasan dan penyidikan pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Pemerintah Aceh telah membentuk satu badan yang berwenang, mengontrol dan mengawasi pelaksanaan syariat Islam yakni Polisi Wilayatul Hisbah (WH). Polisi syariah atau yang lebih dikenal Wilayatul Hisbah, dalam melaksanakan peran dan kewenangannya yang berkaitan dengan pengawasan terhadap pelanggaranpelanggaran jarimah khamar mempunyai aturan tersendiri yaitu qanun jinayat. Adapun tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui peran dan kewenangan Polisi Wilayatul Hisbah dalam pengawasan hukum pada jarimah khamar dan untuk mengetahui eksistensi Polisi Wilayatul Hisbah dalam memberikan arahan dan pencegahan dalam pengawasan hukum pada jarimah khamar. Adapun metode yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Peran dan kewenangan Polisi WH dalam melakukan pengawasan terhadap pelanggar-pelanggar jarimah khamar adalah polisi WH melakukan sosialisasi, penegakan dan pembinaan pelaksanaan Syariat Islam sesuai yang telah di tetapkan dalam peraturan/ Qanun No 7 tahun 2013 tentang Hukum Acara Jinayat. Serta peran dan Kewenangan polisi juga melakukan pengawasan seperti menegur, menasehati, mencegah dan melarang setiap orang yang patut diduga telah, sedang atau akan melakukan pelanggaran terhadap qanun jinayat. Langkah-langkah dan strategi Wilayatul Hisbah terhadap eksistensi dalam pelaksanaan dan pencegahan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang mengarah kepada terbentuk dan berkembangannya jarimah khamar diantaranya adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat,melakukan patroli rutin dan melakukan patrol gabungan ke tempat-tempat yang duga familiar terjadinya pelanggaran-pelanggaran syariat Islam seperti hotel, pantai, kafe dan lainnya. Waktu pelaksanaan patroli yaitu pada siang ba’da dhuhur dan malam hari setelah ba’da isya di Wilayah Aceh Barat.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: Admin 1 STAIN TDM
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:09
Last Modified: 15 Mar 2019 03:09
URI: http://repository.staindirundeng.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item