EMPOWERS IR

Penelusuran Data IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Tingkat Pemahaman Ilmu Agama Orang Tua Dalam Mencegah Kekerasan Terhadap Anak Di Desa Seuneubok Teungoh Kecamatan Arongan Lambalek

Yulis, Salma (2017) Tingkat Pemahaman Ilmu Agama Orang Tua Dalam Mencegah Kekerasan Terhadap Anak Di Desa Seuneubok Teungoh Kecamatan Arongan Lambalek. Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh.

[img] Text
SALMA YULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tingkat Pemahaman Ilmu Agama Orang Tua Dalam Mencegah Kekerasan Terhadap Anak Di Desa Seuneubok Teungoh Kecamatan Arongan Lambalek”. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji apa saja bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak dan bagaimana penanggulangannya, peneliti menemukan bahwa ilmu agama menjadi modal penting dalam mendidik anak dan meminimalisir kekerasan terhadap anak dalam keluarga. Penelitian menggunakan metode kualitatif, yaitu melakukan wawancara dengan beberapa orang tua dan anak-anak di desa seuneubok teungoh. Peneliti juga mengobservasi lapangan melihat bagaimana keadaan keluarga didesa seuneubok teungoh ini. Peneliti menemukan pula bahwa benar kekerasan terhadap anak oleh orang tua sering terjadi di desa ini, dan jenisnya pun beragam seperti memarahi, mencubit bahkan memukul anak ataupun melempar anak dengan benda tumpul dan keras. Salah satu trik pencegahan yang tepat menurut peneliti ialah dengan menyempurnakan pendidikan agama orang tua, dengan demikian pula didesa ini telah diadakan berbagai macam kegiatan keagamaan seperti majelis ta’lim, ceramah agama dan pengajian. Ilmu agama menjadikan orang tua memiliki rasa sabar yang tinggi dalam mendidik anak dengan demikian pula kekerasan dalam rumah tangga terhadap anak oleh orang tua perlahan terkikis menghilang. Kekerasan baik secara fisik maupun psikologis yang dilakukan orang tua terhadap anak akan membahayakan perkembangan kepribadian mereka. Anak harus dididik untuk bisa mengontrol emosi diri, memiliki rasa empati dan kepekaan terhadap perasaan sesamanya, tetapi karena yang mereka terima justru kekerasan, merekapun akan terbiasa hidup dengan sikap keras itu sendiri. Secara spiritual pula anak seharusnya dididik untuk bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan memiliki keimanan yang kuat dan kesadaran ibadah yang tinggi. Tetapi, karena mereka dididik dengan kekerasan, yang ada mereka justru berani berdusta dan tidak memiliki keteguhan hati. Kata Kunci : Child Abuse, Pendidikan Agama, Orang tua dan anak.

Item Type: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Child Abuse, Pendidikan Agama, Orang tua dan anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin 1 STAIN TDM
Date Deposited: 17 May 2018 07:33
Last Modified: 17 May 2018 07:33
URI: http://repository.staindirundeng.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item